-->

Doa Menghadapi Kesusahan dan Kesulitan Hidup

Doa Menghadapi Kesusahan dan Kesulitan Hidup. Rasulullah mengajarkan beberapa doa yang bisa diamalkan seorang muslim saat menghadapi kesusahan hidup. Agar diberia kesabaran dan diberi jalan keluar dari persoalan yang dihadapi.

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Jika sedang menghadapi sebuah kesusahan, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam biasa membaca doa:

«لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَلِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ،
 لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ رَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ»

“Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun. Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah Pemilik ‘arsy yang agung. Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah pemilik langit, pemilik bumi dan pemilik ‘arsy yang mulia.”
(HR. Bukhari no. 7426 dan Muslim no. 2730)


Doa yang diajarkan Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam ketika menghadapi musibah, sebagaimana diriwayatkan dari Ummu Salamah Radhiyallahu Anha berkata, ”Saya mendengar Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda, ’Tidaklah seorang hamba terkena musibah maka ia mengatakan,

’Inna lillahi wa Inna ilaihi roji’un. Allahumma Ajirnii fii mushibatii wakhluf lii khoiron minha. (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami dikembalikan. Yaa Allah berikanlah pahala kepadaku didalam musibahku dan gantilah buatku yang lebih baik darinya)

Kecuali Allah berikan baginya pahala dari musibahnya dan menggantikan baginya yang lebih baik darinya.”

Ummu Salamah berkata, ”Tatkala Abu Salamah meninggal lalu aku berdoa dengan yang diperintahkan Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam maka Allah pun menggantikan buatku yang lebih baik darinya (yaitu) Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam.” (HR. Muslim)


Dari berbagai sumber
LihatTutupKomentar